Kamis, 22 Oktober 2009

Tugas Proposal Teori Organisasi Umum

TUGAS PROPOSAL

2 KA 08

Digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah teori organisasi umum 1

disusun oleh :

ANGELO MYLANTANO (10108236)

BETTY MONICA (12108180)

DEAGESTANO HENDIKA. S (12108186)

IMAM AFANDI (12108332)

FIET ROMDHANI (10108814)

MUHAMMAD INDRA JAYA (11108335)

QORY CAHYA PUSPITA (11108539)

NURFITRIANA (11108466)

UMAR RIZKY (11108989)

YUDI KURNIA (12108156)

P R O P O S A L

MENDIRIKAN USAHA WARNET


Sekretariat

Fakultas Sistem Informasi Universitas Gunadarma

Jln.Margonda Raya 100 Depok 16424

Telp. 021 – 78881112 Ext. 403

A. NAMA USAHA

Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “ Nix-Net ” dengan badan usaha berbentuk PT yang didaftarkan ke Notaris dan Pengadilan sehingga memiliki kekuatan badan hukum yang tetap dan diakui oleh Pemerintah / Negara.

B. RENCANA LOKASI USAHA

Rencana lokasi operasional usaha memiliki jangkauan yang luas, sehingga memudahkan para pengguna internet baik masyarakat sekitar maupun para pelajar dapat menggunakan internet ini dan akan ditempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :

· Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum maupun Sekolah Menengah Pertama.

· Lokasi berada di tempat pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.

C. TARGET PELANGGAN

Target pelanggan warnet ini adalah para pelajar, mahasiwa dan masyarakat. Internet ini bermanfaat untuk hiburan dan untuk menambah pengetahuan. Para pengguna internet ini bisa membuka program chatting dan membuka situs lainnya di internet seperti :

“ www.google.com , www.yahoo.com , www.friendster.com “

D. KEUNGGULAN / KEISTIMEWAAN

Keunggulan / keistimewaan usaha warnet ini adalah sebagai berikut :

ª Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat kami lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga.

ª Kami sudah berpengalaman memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan teknis untuk pendirian warnet diantaranya adalah : Warnet LaaTazan di Plaju, Warnet Polycom di bukit, Warnet An-Najm di Samping Bina Husada Jalan Merdeka Palembang.

ª Kami sudah sering mengadakan pelatihan internet dan website kepada pelajar dan mahasiswa, bekerja sama dengan organsasi ekskul sekolah atau senat mahasiswa.

E. PERANGKAT KERAS DAN LUNAK

Perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :

· Komputer Pentium 4 built up second sebanyak 10 unit, server Pentium 4 1 unit dan komputer Pentium 4 untuk billing 1 unit beserta p

· Perangkat jaringan.

· Koneksi internet menggunakan TelkomNet SDSLWireless dengan kecepatan 256 64 kbps dengan rasio 1:18

· Sistem operasi yang akan digunakan adalah Linux Fedora CoreWindows Me 3,.

F. DANA , LABA MODAL & KEUNTUNGAN

Modal yang kami butuhkan untuk mendirikan warnet ini diperkirakan Rp.150.000.000 dan biaya operasional selama 1 bulan Rp 3.500.000, dengan perkiraan laba bersih minimal Rp 10.000.000 per bulan. Usaha ini diperkirakan akan BEP (Break Even Point) 24 bulan kemudian.

Sedangkan pemasukan / keuntungan dari usaha selain warnet adalah mengambil dari beberapa sumber, antara lain :

1) Penambahan modal oleh para pemodal

2) Keuntungan bulanan pemodal, bila pemodal ingin menambah investasi

3) Keuntungan bulanan pengelola, bila pengelola ingin ikut menanamkan saham

4) Dari pemodal lain yang ingin ikut andil dalam menanamkan saham

5) Dari dana penyusutan barang yang ternyata tidak terpakai. (dana penyusutan ini tetap dianggap sebagai dana dari pemodal)

G. BAGI HASIL

Sistem bagi hasil dalam penggunaan usaha warnet ini adalah dengan mengitung jumlah keuntungan selama 1 bulan penuh. Membagi hasil sesuai dengan prestasi dan kreativitas para pemodal dalam pendirian usaha warnet ini, serta memberikan bonus hasil usaha warnet bila terjadi keuntungan besar bagi para pegawai.

Prosentase bagi hasil yang kami tawarkan adalah 60% untuk pemodal dan 40% untuk pengelola, dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan hasil sedikitnya Rp 4.000.000 perbulan, maka diperkirakan pemodal akan balik modal paling lama 38 bulan.

H. BIAYA PENYUSUTAN

Pada prinsipnya jumlah aset pemodal adalah sama baik pada saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke2 , dst, Karena kami menganggarkan biaya penyususutan sebesar 2,5% perbulan dari semua aset milik pemodal, dana penyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total aset pemodal tetap walaupun nilai barang menjadi susut atau rusak.

I. SURAT PERJANJIAN

Demi keamanan investasi, kami menawarkan surat perjanjian yang ditandatangani oleh pemodal dan pengelola dan dibubuhi materai secukupnya agar mempunyai kekuatan hukum. Ketentuan dasar surat perjanjian kami sertakan dalam surat lampiran.

J. STRATEGI PROMOSI

Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :

1. Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.

2. Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.

3. Meminta motivator dari warga setempat untuk kelangsungan usaha warnet agar tidak terjadi kesimpang siuran antar warga sekitar.

K. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat, semoga dapat memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi usaha yang akan dibuat di hari - hari selanjutnya. Dengan demikian proposal yang kami buat ini diharapkan bisa menjadi andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan serta memajukan perkembangan dunia tekhnologi dan informasi di dunia maya bagi bangsa Indonesia, sehingga tiada lagi kata kemalasan untuk mencari informasi dari dunia maya. Terimakasih.

Depok, Oktober 2009

ttd

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review